Resep pizza enak

Beberapa hari lalu chatting dengan Uchi, disuruh cobain resep pizza andalannya yang katanya enaak ;-) Kebetulan hari ini emir tiba-tiba minta pizza, yo wis mari kita buat resep pizza enak ala Tante Uchi. Intip dulu blog nya uchi. Yup, bahan-bahan dough nya ada semua, topping nya tinggal sesuaikan dengan isi kulkas. Mari kita berkarya ;-)

Ini resep nya

Bahan Dough

  • 1 sdt ragi instant ( saya pakai fermipan)
  • 80 ml air hangat ( jangan terlalu panas ya)
  • 1 sdm gula pasir
  • 170 gram terigu protein tinggi ( saya pakai cakra kembar)
  • 3 sdm minyak zaitun ( olive oil)
  • garam seujung sendok ( kalau kata uchi : sejumput :) )
Cara membuat dough
  • campur air hangat dan ragi instant, diamkan 5 menit
  • Tambahkan gula, aduk rata
  • Masukkan terigu, aduk hingga rata dengan spatula, tambahkan garam
  • Masukkan minyak zaitun, uleni hingga kalis
  • Tutup wadah  adonan dengan plastik, biarkan sekitar 30 menitan atau sampai adonan mengembang 2 kali
Sambil menunggu adonan mengembang, kita siapin topping nya ya. Topping utama yang harus disiapkan adalah keju. Apalah artinya pizza tanpa keju yang yummiee itu yah :D Ideal nya pake keju mozarella yang meleleh kalau pizza nya ditarik kayak iklan-iklan pizza h*t gitu :D , tapi kalau tidak ada pun bisa pake keju cheddar koq, tetap enak kata emir, penghematan kata emak nya hihihihi.
Selanjutnya kita siapkan topping lainnya, biasanya di rumah buat pizza setelah pagi nya buat spaghetti bolognaise, jadi saus bolognaise nya dibanyakin dan tinggal taburi di dough deh saus bolognaise nya. Tapi kali ini lagi ga ada saus bolognaise, ga punya daging giling juga. Jadilah berkreasi sendiri. Ini yang kemarin dibuat
Bahan Topping
  • 2 sdm Minyak untuk menumis
  • 2 buah bawang putih, cincang halus
  • 1/3 bawang bombay cincang halus
  • 2 buah tomat, parut halus
  • 150 gram daging ayam, potong dadu 1×1 cm
  • oregano, basil, merica bubuk, garam, gula secukupnya
Cara membuat
  • Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  • Masukkan tomat, aduk rata
  • Masukan daging ayam, tambahkan bumbu-bumbu lainnya
  • Masak hingga ayam matang dan bumbu-bumbu meresap
Penyelesaian
  • Tipiskan adonan pizza di loyang untuk memanggang
  • Taburi topping dan keju
  • Panggang di oven yang sudah dipanaskan terlebuh dahulu dengan suhu 200 derajat, sekitar 15 menit. Gunakan api atas bawah untuk hasil yang lebih mantap, tapi kalau menggunakan api bawah saja bisa koq ;-)

 

Dan pizza ini pun habis dalam sekejap oleh anak kecil yang nungguin di depan oven dari mulai adonan masuk oven sampai dikeluarin. Gak sempat foto-foto cantik :D Makacii  ya Tante Uchie, resep pizza nya enak ..mmuaachh mmuaachh

Share

Cara mudah membuat roti

Membuat roti mungkin adalah salah satu hal yang paling dihindari oleh ibu-ibu seperti saya yang mau nya masak yang simpel-simpel aja. Tapi setelah salah satu member di FB group NCC mba Nikmatul Rosidah memposting cara mudah membuat roti tanpa diuleni, maka membuat roti pun sekarang semudah membuat pisang goreng jiahahahhaha #gaya. FYI resep ini booming banget seantero emak-emak NCC, tiap hari pasti ada aja yang memposting keberhasilan membuat roti dengan cara ini di FB group NCC

Ini dia resep nya ya, dari resep  roti manis mba Nikmatul yang beberapa item takarannya sudah aku modifikasi biar ga perlu nimbang-nimbang ;-)

Bahan

  • 300 ml susu tawar, hangat kan suam-suam kuku
  • 2 sdt ragi instant, saya pake merk fermipan
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 butir telur
  • 3 sdm margarin
  • 450 gram terigu

Cara membuat

  •  Campur susu hangat dengan ragi instant, biarkan 10 menit
  • Tambahkan gula, telur dan margarin, aduk rata
  • Masukkan terigu, aduk adonan hingga semua bahan tercampur rata
  • Tutup wadah dengan plastik, biarkan sekitar 30 menit, atau sampai mengembang 2 kali
  • Kempiskan adonan dan bentuk sesuai selera atau beri isian, ini sebagian saya isi keju, sebagian saya isi meises
  • Diamkan adonan yang telah dibentuk hingga mengembang (sekitar 20 menit )
  • Panggang di oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 200 derajat, selama 12 menit, sebaiknya gunakan api atas dan api bawah

Dan roti pun siap untuk disajikan, roti nya walaupun tidak diulenin, tetap empuk lho. Jika roti tidak habis dalam 1 hari, simpan di wadah tertutup yaa, biar tetap empuk ;-)

cara mudah membuat roti

 

 

 

Share